Catatan A. Umar Said
Kembalikan jiwa revolusioner Sumpah Pemuda !
Tidak lama lagi kita akan memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28
Oktober. Mengingat sangat pentingnya Sumpah Pemuda ini bagi bangsa Indonesia,
maka tulisan ini dimaksudkan sebagai ajakan kepada para pembaca untuk sama-sama
menelaah - dari berbagai segi dan sudut pandang – hal-hal yang berkaitan
dengan hari bersejarah ini. Sebab, Sumpah Pemuda yang menurut sejarahnya dicetuskan
dalam suasana pergolakan perjuangan melawan kolonialisme/imperialisme Belanda,
selama rejim militer Suharto 32 tahun telah kehilangan "api "revolusionernya,
akibat politik Orde Baru. Walaupun Hari Sumpah Pemuda juga dirayakan oleh
Orde Baru tiap tahun, namun terasa sekali bahwa peringatan semacam itu terpaksa
dilakukan hanya sebagai ritual yang hambar dan kering (dan karenanya kadang-kadang
terasa juga membosankan, bahkan, memuakkan !), atau sebagai upacara yang isinya
hanya dangkal-dangkal saja, dan tidak mengandung pesan yang dalam bagi bangsa.
Karena itu, kita semua -- termasuk terutama sekali generasi muda bangsa kita
– berkewajiban untuk mengangkat kembali Sumpah Pemuda dan mendudukkannya
di tempat yang semestinya atau selayaknya, sesuai dengan kebesaran sejarahnya
bagi bangsa Indonesia. Kita tidak bisa membiarkan Sumpah Pemuda terus-menerus
dipisahkan dari ciri-cirinya yang revolusioner sebagai pemersatu perjuangan
bangsa, seperti yang telah dilakukan oleh rejim militer Orde Baru beserta
para pendukungnya selama puluhan tahun.
Sumpah Pemuda adalah cikal bakal proklamasi 45
Bagi siapa saja yang mau bersikap serius dan objektif akan bisa melihat bahwa
Sumpah Pemuda merupakan peristiwa besar dan maha penting bagi bangsa kita
dalam perjuangan melawan kolonialisme Belanda dan merebut kemerdekaan nasional.
Begitu besarnya arti atau peran yang dikandungnya, sehingga boleh dikatakan
bahwa kemerdekaan yang diproklamasikan dalam tahun 1945 tidak akan diperoleh
oleh bangsa kita, seandainya tidak ada Sumpah Pemuda dalam tahun 1928. Sumpah
Pemuda 1928 adalah cikal bakal proklamasi kemerdekaan 1945 yang melahirkan
NKRI. Sumpah Pemuda adalah sumber konsep besar persatuan bangsa yang dikenal
sebagai Bhinneka Tunggal Ika. Sumpah Pemuda adalah juga landasan inspirasi
gagasan besar Bung Karno yang kemudian dirumuskan dalam Pancasila. Sumpah
Pemuda 1928 adalah jiwa pemersatu bangsa yang terdiri dari berbagai suku,
bahasa, agama, dan kedudukan sosial.
Karena itu, Sumpah Pemuda tahun 1928 tetap mempunyai arti penting bagi bangsa
kita dewasa ini ketika sedang menghadapi berbagai masalah yang ditimbulkan
oleh kesukuan, adat, agama atau politik (ingat, antara lain : masalah FPI,
undang-undang porno, Ahmadiyah, pembangunan gereja, ekses otonomi daerah,
perda mengenai syariah Islam dll dll). Mengingat itu semua, nyatalah bahwa
kita harus berusaha bersama-sama mengkobarkan kembali jiwa asli Sumpah Pemuda
tahun 1928 dan menggunakannya sebagai senjata rakyat dalam menghadapi berbagai
persoalan besar dewasa ini.
Selain itu, kita semua harus meninggalkan atau membuang jauh-jauh kebiasaan
buruk Orde Baru yang menjadikan Sumpah Pemuda hanya sebagai hiasan yang palsu
saja, yang sebenar-benarnya hanyalah melecehkannya. Sebab, Sumpah Pemuda tahun
1928 adalah suatu langkah revolusioner dari kalangan angkatan muda bangsa
dalam rangka nation-building dan character-building (menurut istilah yang
sering sekali dipakai oleh Bung Karno dalam berbagai pidatonya) menuju persatuan
bangsa sepanjang perjuangan melawan kolonialisme Belanda, yang menjadi bagian
penting dari kekuatan imperialisme. Karenanya, dalam artian tertentu, Sumpah
Pemuda adalah platform pluralis yang mengandung ciri-ciri revolusioner.
Sumpah Pemuda di masa Orde Baru
Para pembaca menyaksikan sendiri bahwa justru arti atau isi atau jiwa Sumpah
Pemuda yang seperti tersebut di atas itu semualah yang telah pudar (atau mandul,
atau loyo) sejak digulingkannya presiden Sukarno oleh segolongan dari Angkatan
Darat di bawah pimpinan Suharto dengan dukungan kekuatan imperialis (terutama
AS). Kita semua masih ingat bahwa selama Orde Baru peringatan Hari Sumpah
Pemuda diselenggarakan di bawah pengawasan, dan pengarahan atau bimbingan
oleh pimpinan militer. Dan oleh karena pimpinan militer (terutama Angkatan
Darat di bawah Suharto) mempunyai sikap anti-Bung Karno dan anti-kiri pada
umumnya, maka peringatan Hari Sumpah Pemuda selama 32 tahun Orde Baru (dan
juga sesudahnya) dijauhkan atau dipisahkan dari sejarah revolusioner bangsa
yang melahirkan ikrar angkatan muda Indonesia dalam tahun 1928 itu.
Bagi kita semua (dan terutama bagi para tokoh-tokoh masyarakat dan para sejarawan
Indonesia) adalah menarik untuk merenungkan bahwa selama masa Orde Baru peringatan
Hari Sumpah Pemuda diselenggarakan tanpa banyak mengangkat kembali berbagai
faktor yang melahirkan Sumpah Pemuda. Bahwa rejim militer Orde Baru berusaha
« menghilangkan » peran Bung Karno dari sejarah revolusioner bangsa
Indonesia melawan kolonialisme dan imperialisme adalah wajar dan bisa dimengerti,
sebab Orde Baru memang merupakan musuh revolusi rakyat Indonesia.
Dalam kaitan ini, kiranya kita mengerti bahwa Suharto tidak mungkin bisa betul-betul
menghayati Hari Sumpah Pemuda, karena Hari Sumpah Pemuda dilahirkan dengan
jiwa atau semangat anti-kolonialisme Belanda, sedangkan Suharto adalah dulunya
seorang yang telah mengabdi kepada penjajajah Belanda dengan menjadi serdadunya,
yaitu KNIL (Koninklijke Nederlands Indische Leger). Karena itu, berlainan
sama sekali dengan Bung Karno, bagi Suharto sulit sekali untuk berkoar-koar
sebagai tokoh bangsa yang melawan kolonialisme Belanda (catatan : cerita tentang
peran Suharto ketika « penyerbuan » di Jogja pun ternyata adalah
cerita yang mengandung kebohongan sejarah).
Pembrontakan PKI tahun 1926 melawan Belanda
Bukan itu saja !!! Suharto dengan Orde Barunya (beserta para pendukungnya
yang sampai sekarang) juga berusaha untuk memisahkan Sumpah Pemuda dari peran
penting berbagai gerakan rakyat yang waktu itu berjuang melawan kolonialisme
Belanda untuk merebut kemerdekaan, termasuk menghilangkan arti penting dan
bersejarah pembrontakan PKI melawan kolonialisme Belanda dalam tahun 1926.
Padahal, Sumpah Pemuda dilangsungkan dalam tahun 1928 ketika suasana di kalangan
berbagai gerakan anti penjajahan Belanda, terutama di kalangan angkatan mudanya,
terpengaruh oleh akibat atau dampak pembrontakan PKI tahun 1926 melawan kolonialisme
Belanda ketika ribuan orang komunis atau simpatisan-simpatisannya dibuang
ke Digul atau tempat-tempat tahanan lainnya.
Di antara gerakan angkatan muda bangsa yang waktu itu menunjukkan kemauan
untuk bersatu dalam perjuangan melawan kolonialisme Belanda – dengan
cara atau bentuk dan kadar berbeda-beda – terdapat organisasi-organisasi
pemuda seperti Jong Java, Jong Islamieten Bond, Jong Sumatranen Bond, Jong
Batak, Jong Celebes, Jong Ambon, Minahasa Bond, Madura Bond, Pemuda Betawi
dan lain-lain.
Kalau ditilik secara dalam-dalam dan jauh, maka nyatalah bahwa Sumpah Pemuda
tahun 1928 adalah sumber atau cikal-bakal lahirnya pedoman-pedoman besar bangsa
Indonesia, yaitu Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Dan karenanya bisa juga
dikatakan bahwa Sumpah Pemuda berorientasi kiri dan revolusioner. Sumpah Pemuda
tahun 1928 melanjutkan perjuangan PKI melawan penjajahan Belanda dengan pembrontakannya
tahun 1926 di Jawa dan Sumatera dan tempat-tempat lainnya. Sumpah Pemuda juga
mendapat dorongan dengan didirikannya Partai Nasional Indonesia oleh Bung
Karno dalam tahun 1927.
Jadi, dapatlah dimengerti bahwa dampak besar di berbagai kalangan bangsa yang
ditimbulkan oleh pemberontakan PKI tahun 1926 merupakan dorongan yang tidak
kecil bagi terselenggaranya Kongres Pemuda Kedua dalam tahun 1928 yang melahirkan
Sumpah Pemuda. Justru aspek inilah yang telah diusahakan ditutup-tutupi atau
dihilangkan dari sejarah oleh Orde Baru (beserta para pendukungnya sampai
sekarang !). Rejim militer Suharto dkk berusaha dengan berbagai cara dan jalan
untuk memisahkan Sumpah Pemuda dari gerakan revolusioner, dari Bung Karno,
dan dari golongan kiri umumnya, terutama PKI. Padahal, Sumpah Pemuda adalah
bagian dari gerakan revolusioner melawan penjajahan Belanda waktu itu.
.Sumpah Pemuda bisa digolongkan sebagai peristiwa yang mengandung ciri-ciri
revolusioner, karena anti penjajahan Belanda. Dalam sejarah banyak bangsa
di dunia, kebanyakan perjuangan menentang penjajahan (kolonialisme dan imperialisme)
mengandung ciri-ciri atau unsur-unsur revolusioner, kiri, nasionalis dan patriotik.
Dalam kaitan inilah kita bisa memandang didirikannya Partai Nasional Indonesia
oleh Bung Karno dalam tahun 1927 (satu tahun sesudah pembrontakan PKI melawan
Belanda dan satu tahun sebelum Sumpah Pemuda) sebagai gerakan revolusioner,
yang menyebabkan dipenjarakannya Bung Karno oleh pemerintah kolonial Belanda
dalam tahun 1929 (ingat pleidooinya di depan pengadilan kolonial yang berjudul
Indonesia Menggugat).
Bagi siapa saja yang mau bersikap serius dan objektif atau jujur, akan bisa
melihat bahwa pembrontakan PKI tahun 1926 melawan penjajahan Belanda memainkan
-secara langsung atau tidak langsung --peran yang penting dan tidak kecil
untuk didirikannya PNI (Partai Nasional Indonesia) oleh Bung Karno dan teman-teman
terdekatnya dalam tahun 1927, dan juga untuk terselenggaranya Kongres Pemuda
Kedua (yang melahirkan Sumpah Pemuda dalam tahun 1928).
Sebagaimana yang dapat kita ketahui dari sejarah, Kongres Pemuda yang bersifat
lintas-agama, lintas-suku, lintas-aliran poltik itu mencetuskan ikrar bersama
yang amat besar artinya bagi perjuangan rakyat Indonesia kemudian, yaitu Sumpah
Pemuda. Ikrar bersama yang bersejarah ini dikumandangkan tanggal 28 Oktober
1928. Sumpah Pemuda itu berbunyi :
1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
2. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertanah-air yang satu, tanah-air
Indonesia
3. Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Selain itu Kongres Pemuda itu juga telah mengambil keputusan penting lainnya,
yaitu : menjadikan lagu Indonesia Raya (diciptakan oleh Rudolf Wage Supratman)
sebagai lagu kebangsaan bagi seluruh rakyat Indonesia, dan juga menjadikan
Merah Putih sebagai bendera kebangsaan.
Intisari Sumpah Pemuda adalah Bhinneka Tunggal Ika
Seperti pernah ditulis sebelumnya, kalau kita merenungkan itu semua, maka
akan jelaslah kiranya bagi kita semua, bahwa kemerdekaan yang diproklamasikan
oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada tanggal 17 Agustus 1945, dan perjuangan
besar rakyat selama revolusi melawan kolonialisme Belanda, adalah - secara
langsung atau tidak langsung - produk atau kelanjutan perjuangan para pejuang
sebelumnya, yang banyak meringkuk di penjara-penjara dan juga di tanah pengasingan
Digul.
(Patut kita ingat kembali bahwa karena pembrontakan PKI melawan penjajahan
Belanda itu ribuan orang dibunuh secara brutal dan sekitar 13 000 orang ditahan
oleh pemerintahan kolonial. Tidak kurang dari 1 300 orang yang terdiri dari
kader-kader PKI dibuang dalam kamp pengasingan di Boven Digul. Jumlah orang-orang
yang dibunuh, dipenjarakan dan dibuang itu besar sekali untuk masa itu, dan
merupakan goncangan yang besar sekali di seluruh Indonesia. Banyak orang-orang
yang non-komunis juga ditangkapi Belanda dengan alasan untuk menindas pembrontakan
PKI. Sejak 1927 PKI dinyatakan terlarang oleh Belanda, dan karenanya terpaksa
bergerak di bawah tanah untuk selanjutnya, sampai proklamasi kemerdekaan tahun
1945).
Intisari Sumpah Pemuda adalah Bhinneka Tunggal Ika, yang mengandung pengertian
bahwa walaupun bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan
aliran politik, tetapi tetap merupakan kesatuan bangsa, atau bangsa yang satu.
Dengan kalimat lain, tercermin di situ satu konsep besar yang indah : kesatuan
dalam perbedaan, atau berbeda-beda tetapi satu, atau persatuan dalam keragaman.
Alangkah sejuknya isi dan alangkah besarnya arti yang tersirat di dalamnya.
Mengembalikan Sumpah Pemuda ke sisi revolusioner
Kita semua sudah menyaksikan, dan dalam rentang-waktu yang cukup panjang,
bahwa sistem politik Orde Baru telah menimbulkan perpecahan bangsa, mengompori
permusuhan, mengucilkan berbagai komponen bangsa, mengkipas-kipasi permusuhan
ras (ingat, umpamanya : politik terhadap minoritas keturunan Tionghoa, perlakuan
terhadap kaum komunis atau eks-tapol beserta keluarga mereka, menghasut sebagian
golongan Islam untuk memusuhi golongan lain dll). Ini semua adalah bertentangan
dengan Sumpah Pemuda yang menegaskan bahwa kita semua adalah satu bangsa dan
satu tanah air.
Mengingat itu semuanya,adalah sudah waktunya sekarang ini bagi kita semua
(dan terutama sekali bagi generasi muda bangsa) untuk bersama-sama membebaskan
Sumpah Pemuda dari kungkungan yang dipenuhi oleh kepalsuan dan kemunafikan
oleh orang-orang simpatisan Suharto beserta Orde Barunya, dan mengangkatnya
kembali ketingkat luhur dan mulia, sebagai pemersatu bangsa dan negara yang
mengandung ciri-ciri revolusioner.
Generasi muda kita juga wajib ikut menjaga jangan sampai Sumpah Pemuda bisa
dipisahkan dari sejarah revolusioner berbagai gerakan rakyat Indonesia. Artinya,
Sumpah Pemuda juga tidak boleh dipisahkan dari sejarah perjuangan revolusioner
Bung Karno. Sebab, sekarang makin terbukti dengan jelas bahwa sosok Bung Karno
adalah pengejawantahan (manifestasi atau penampîlan) sekaligus Sumpah
Pemuda, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Nasakom
Paris, 18 Oktober 2008